Diagnosis Penyakit Vertigo

vertigoDalam melakukan anamnesis untuk menegakkan diagnosis penyakit vertigo, dokter umunya akan melakukan pemeriksaan  yang baik, dimulai dengan pemeriksaan tanda vital, dilanjutkan dengan pemeriksaan neurologis, dan pemeriksaan neuro-otologi. Pemeriksaan yang tak kalah penting dilakukan adalah pemeriksaan nistagmus, dimana ia merupakan gejala objektif dari vertigo.

Diagnosis Penyakit Vertigo

Jika tipe atau jenis vertigo pada pasien telah berhasil di tegakkan, serta mengetahui lokasi lesinya, dokter hendaknya mengetahui etiologi. Menurut Dr. Eva dari data neuro-otologi dan neuro oftalmologi, Departemen Neurologi FKUI/RSCM tahun 2011 dikatakan bahwa vertgio tipe peripheral itu lebih tinggi dibandingkan tipe central dengan perbandingan 37,9% : 18,6%. Dan jenis yang paling banyak ditemukan adalah vertigo non vestibular (42,8%).

Penyebab Penyakit Vertigo

Pada Diagnosis Penyakit Vertigo tipe central, angka terbanyak kejadian vertigo disebabkan oleh adanya lesi vaskuler, baru diikuti tumor, migran vertigoneus, dan terakhir infeksi intracranial. Sementara pada tipe peripheral penyebab yang terbanyak adalah BPPV (83%), menierre disease (7,6%), pasca trauma (7,6%)dan terakhir neuritis vestibularis.

TATA LAKSANA Diagnosis Penyakit Vertigo

Management vertigo dibagi menjadi beberapa bagian, ada yang sifatnya simptomatik, ada juga tatalaksana yang diberikan pada kondisi khusus, misalnya pada BPPV, selain dilakukan terapi farmakologi juga dilakukan particle repositioning procedure (prosedur medis untuk pengembalian fungsi)  dan bahkan dilakukan tindakan pembedahan.

Prosedur bedah jarang dikerjakan, karena risiko yang besar dapat menimbulkan gangguan tuli perseptif pada pasien. Selain tiu dapat dilakukan vestibuler rehabilitation therapy, dilanjutkan dengan mencegah munculnya faktor pencetus vertigo, misal dengan melakukan diet atau dengan mengubah pola hidup.

Pada terapi vertigo yang diberikan untuk Diagnosis Penyakit Vertigo dengan sifatnya simptomatik  dokter bisa memberikan calcium channel blocker atau juga bisa digunakan histaminic dalam hal ini betahistine. Saat ini terdapat suatu konsep  yang menyatakan bahwa menggunakan dosis betahistine yang lebih tinggi, maka efektivitas yang dicapai dalam pengobatan juga menjadi lebih baik. Sementara penggunaan obat psyhoaffective pada kasus vertigo hanya boleh dilakukan sesaat saja.

Betahistin dihidroklorida dalam hal ini vertikal memiliki kandungan betahistine 2 kali lebih besar di bandingkan dengan betahistine dimesilat. Selain itu penelitian juga membuktikan bahwa penggunaan betahistine pada dosis hingga 32 mg sehari tidak menimbulkan efek samping pada pasien.

Cara Mengatasi Vertigo

Anda dapat melakukan latihan vestibular untuk mengatasi seseorang yang sudah di diagnosis penyakit vertigo. Latihan vestibular yang dapat dilakykan sebagai berikut :

  1. Berdiri tegak dengan buka mata dan kemudian tutup mata yang dilakukan sebanyak 5 kali.
  2. Gerakan kepala berputar. Berawal pada saat anda memasang dagu ke dada, kemudian anda putar kepala ke kiri, dan mengubah ke arah kanan, lakukan gerakan ini sebanyak 3 kali.
  3. Gerakan wajah menghadap ke atas, lalu turun dengan perlahan-lahan sampai menghadap ke bawah atau kelantai. Kemudian naik lagi menghadap ke atas perlahan-lahan atau dengan kata lain mengangguk dan gerakan ini dapat anda lakukan sebanyak 3 kali.
  4. Melatih gerakan kepala miring, yaitu dengan anda mencoba untuk tetap telinga bagian kiri menempel pada bahu kiri anda dan tahan sampai kurang lebih 15 detik, kemudian lakukan pada telinga sebaliknya seperti gerakan awal tadi. Ulangi gerakan setiap bagian telinga masing 3 kali.
  5. Duduk dengan posisi punggung lurus dan mata terbuka. Lalu berdiri dengan menutup mata anda dan ulangi gerakan tersebut sebanyak 3 kali.
  6. Melatih gerakan bola mata Anda ke kanan dan ke kiri secara horizontal dengan mata terbuka. Ulangi pada setiap arah masing-masing 3 kali. Kemudian lanjutkan dengan menggerakkan bola mata ke atas dan ke bawah secara vertikal yang dilakukan sebanyak 3 kali juga.
  7. Lakukan praktek otot mata dengan mengikuti kemana arah objek yang bergerak, fokuskan mata anda pada obyek stasioner dan ikutin kemanapun objek tersebut bergerak.

Selain dengan melakukan latihan vestibular, dapat juga anda bantu dengan menerapkan pola tidur yang baik untuk diri anda dan penyakit yang anda derita. Saat anda sedang tidur usahakan untuk memposisikan kepala anda agak lebih tinggi. Saat anda bangun, ada baiknya anda bangun dengan perlahan, hindari gerakan yang terlalu cepat dan duduklah terlebih dahulu itu akan jauh lebih aman untuk anda. Jaga tubuh anda dengan tidak terlalu sering membungkuk saat membawa barang atau menunduk atau merunduk saat mengambil barang. Gerakkan kepala anda secara hati-hati, terutama saat anda medang menghadap keatas. Dan satu lagi yang dapat anda lakukan untuk mengurangi atau mengatasi penyakit vertigo anda adalah dengan menjaga kesehatan telinga anda.

Pantangan Penyakit Vertigo

Bagi anda yang memiliki atau menderita penyakit vertigo atau untuk anda yang baru diagnosis penyakit vertigo ada baiknya anda mengurangi atau menghindari makanan dibawah ini seperti :

 

  • Semua jenis daging kecuali ikan air tawar,
  • Masak-masakan yang di goreng seperti ikan asin atau emping,
  • Makanan atau masakan yang menggunakan santan kental,
  • nasi yang dicampur seperti nasi uduk, nasi ulam, nasi kebuli atau jenis nasi campur lainnya,
  • berbagai macam kue dan selai misalnya kue bolu, martabak, mentega, keju, dan susu,
  • berbagai macam jenis jeroan baik jeroan ayan maupun seroan sapi atau juga jeroan yang lainnya akan jauh lebih baik lagi jika anda menghindarinya,
  • Memasak dengan menggunakan bumbu masak kemasan,
  • berbagai macam telur seperti halnya telur asin, dan telur ayam yang biasa kita konsumsi sehari-hari
  • buah-buahan yang tebal kulitnya seperti durian, nangka, jengkol, pete,
  • minuman : es atau minuman yang mengandung alkohol.

Diagnosis Penyakit Vertigo


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Penyakit Vertigo dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Vertigo and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *