Penyakit Vertigo Perifer

Penyakit vertigo perifer adalah salah satu jenis penyakit yang ditandai dengan gangguan ilusi gerakan dan bukan merupakan salah satu bentuk migrain. Jika yang terasa berputar adalah diri sendiri, disebut vertigo subyektif. Kalau yang berputar adalah diri sendiri, disebut vertigo subyekti. Kalau yang berputar adalah lingkungan sekitarnya, disebut vertigo obyektif.

Penyebab Penyakit Vertigo Perifer

Penyakit vertigo perifer disebabkan karena gangguan keseimbangan di telinga bagian dalam (alat keseimbangan atau bagian vestibular) atau mungkin di otak. Bentuk paling sering dari vertigo ada;ah Benign Paroxymal Positional Vertigo (BPPV), yaitu adanya ilusi gerakan yang disebabkan oleh gerakan kepala secara mendadak atau gerakan kepala ke arah tertentu, jenis seperti ini umumnya tidak berat dan dapat dibatasi.

vertigo1

Penyebab lain penyakit vertigo perifer adalah peradangan pada telinga bagian dalam (labrinitis) yang ditandai dengan kejadian vertigo yang tiba-tiba dan kadang diikuti dengan kehilangan pendengaran. Penyebab lain dari vertigo adalah peradangan telinga bagian dalam (labrinitis) yang ditandai dengan kejadian vertigo yang tiba-tiba dan kadang diikuti dengan kehilangan pendengaran. Penyebab paling sering adalah infeksi viral atau bakteri. Beberapa penyakit lain juga bisa menyebabkan penyakit vertigo seperti meniere disease, pendarahan diotak, multiple sclerosis, cedera kepala dan migrain.

Penyakit vertigo adalah rasa sakita yang dahsyat di bagian kepala sehingga kehilangan kekseimbangan. Rasa sakit ini disebabkan oleh banyak hal, seperti ketegangan saraf, kelelahan fisik dan psikis, kurangnya asupan gizi makanan serta kurangnya oksigen dalam darah.

Gangguan kesehatan yang biasanya berhubungan dengan Penyakit Vertigo Perifer ini antara lain penyakit-penyakit seperti benign parozysmal positional vertigo (gangguan akibat kesalahan pengiriman pesan). Gangguan ini mengakibatkan Anda melakukan respon yang salah terhadap sesuatu hal yang anda lakukan. Penyakit meniere (gangguan keseimbangan yang sering kali menyebabkan hilang pendengaran), vestibular neuritis (peradangan pada sel-sel saraf keseimbangan), dan labyrinthitis (radang di bagian dalam pendengaran). Semua gangguan kesehatan itu bisa menjadi permanen jika keluhan vertigo tidak segera disembuhkan secara permanen.

Penanganan penyakit vertigo ferifer tidak bisa dilakukan dengan menggunakan obat kimia untuk meredakan gejalanya saja. Tetapi penganganan yang benar harus diterapkan cara yang benar-benar tuntas, sehingga penyakit vertigo yang di derita tidak kambuh kembali. Vertigo ferifer merupakan salah satu jenis penyakit yang disertai dengan gangguan ilusi gerakan dan dangat berbeda dengan gerakan migrain. Apabila yang dirasakan adalah tubuh penderita akan berputar, kondisi tersebut dimanakan dengan vertigo subjektif. Akan tetapi jika penderita merasakan yang berbutar adalah lingkungan yang ada di sekitar, maka hal ini yang dinamakan dengan vertigo objektif.Penyakit vertigo ferifer ini lebih di picu oleh adanya gangguan keseimbangan di telinga bagian dalam, yakni di bagian vestibular atau alat keseimbangan. Penyakit vertigo ferifer ini juga bisa terjadi karena gangguan areal pada otak penderita.

Gejala Penyakit Vertigo Perifer

Pada penderita yang merasa mengalami vertifo perifer maka ia akan merasakan gejala seperti:

  • pandangan yang tiba-tiba berubah menjadi gelap
  • rasa lelah dan stamina menurun
  • jantung yang terus berdebar kencang
  • hilang keseimbangan bahkan hingga penderita terjatuh
  • tidak mampu untuk berkonsentrasi penuh
  • perasaan yang dirasakan penderita seperti mabuk
  • Merasakan otot yang terasa sakit
  • mual dan muntah-muntah
  • memori dan daya pikir menurun yang mulai menurun
  • sensitif pada cahaya terang dan suara
  • sering mengeluarkan keringat yang berlebih

Tips ketika gejala vertigo menyerang:
* Jangan panik begitu gejala vertigo menyerang. Tarik napas dalam-dalam, pejamkan mata, dan segeralah berusaha mencari posisi yang memungkinkan Anda berbaring. Jika tidak memungkinkan, maka segeralah duduk.
* Pastikan Anda dalam posisi aman (berpegangan tangan). Tunggu beberapa menit untuk memastikan apakah serangan vertigo berkurang, atau tidak.
* Jika Anda merasa mual dan ingin muntah, maka segeralah mencari bantuan orang-orang di dekat Anda untuk membantu Anda ke toilet. Pada beberapa kasus, setelah muntah keluhan vertigo ini menjadi berkurang.
* Ketika bisa berbaring, pertahankan posisi tersebut sampai serangan vertigo berkurang, atau hilang.
* Buka mata pelan-pelan, lalu coba miringkan badan, atau kepala ke kiri dan ke kanan. Jika dengan manuver ini serangan vertigo ternyata datang kembali, maka itu berarti Anda harus segera memejamkan mata, atau kembali ke posisi semula.
* Bila karena proses perifera vertigo cepat berkurang, maka segeralah konsultasi ke dokter syaraf.
* Kalau di rumah Anda tersedia obat antivertigo, maka Anda bisa mengonsumsi obat tersebut. Demikian pula jika di rumah Anda tersedia obat anti muntah, maka Anda bisa mengkomsinya.


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Penyakit Vertigo dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Vertigo and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *