Penyebab Penyakit Vertigo

Penyebab Penyakit Vertigo yang terjadi pada dasarnya keseimbangan tubuh dikendalikan oleh otak kecil yang mendapat informasi mengenai posisi tubuh dari organ keseimbangan di telinga tengah dan mata. Vertigo biasanya timbul akibat gangguan telinga tengah dan dalam atau gangguan penglihatan. Gangguan pada otak kecil yang mengakibatkan vertigo jarang sekali di temukan. Namun, kurangnya pasokan oksigen ke otak dapat pula menyebabkan vertigo.

Beberapa jenis obat, seperti kina, streptomisin dan salisilat, diketahui dapat menimbulkan radang kronis telinga dalam yang dapat menimbulkan vertigo.

Selain itu, vertigo juga dapat dipicu oleh keadaan lingkungan, motion sickness (mabuk darat, mabuk laut), obat-obatan, alkohol, gentamisin, kelainan sirkulasi pada pembuluh darah arteri vertebral. Terkadang vertigo juga merupakan salah satu gejala awal terjadinya stroke ringan, sebagai akibat pecahnya pembuluh darah akibat tekanan darah tinggi (hipertensi). Biasanya vertigo yang diakibatkan oleh kurangnya oksigen ke otak ini akan disertai dengan mual dan muntah.

Penyebab Penyakit Vertigo

Vertigo disebabkan karena gangguan keseimbangan di telinga bagian dalam (alat keseimbangan atau bagian vestibular) atau mungkin di otak. Bentuk paling sering dari vertigo adalah Benign Paroxymal Positional Vertigo (BPPV), yaitu adanya ilusi gerakan yang disebabkan oleh gerakan kepala secara mendadak atau gerakan kepala ke arah tertentu. Jenis seperti ini umumnya tidak berat dan dapat diatasi.

Penyebab lain dari penyakit vertigo adalah terjadinya peradangan pada telinga bagian dalam (labirintis), yang ditandai dengan kejadian vertigo yang tiba-tiba dan kadang diikuti dengan kehilangan pendengaran. Penyebab paling sering adalah infeksi vrial atau bakteri. Beberapa penyakit lain juga bisa menyebabkan vertigo, seperti menire disease, perdarahan di otak, multiple sclerosis, cedera kepala dan migrain.

Penyebab Penyakit Vertigo yang disebabkan oleh penyakit meniere ini dapat terjadi akibat adanya peningkatan yang terjadi pada endolimfe yang juga memiliki hubungan dengan distensi seluruh sistem endolinfatik. Pada penyakit meniere ini lah yang dapat mengakibatkan telinga bagian dalam pada penderita memiliki cairan yang pada akhirnya akan dapat mempengaruhi keseimbangan tubuh dari penderita dan menyebabkan kambuhnya penyakit vertigo yang dialami.

Sedangkan penyebab penyakit vertigo yang disebabkan oleh penyakit migrain ini merupakan salah satu jenis sakit kepala tetapi juga dapat mempengaruhi pengelihatan penderita. Vergitu yang anda alami yang disebabkan oleh penyakit migrain ini dapat berlangsung selama beberaoa menit hingga dapat juga terjadi hingga beberapa hari.

Gejala Penyakit Vertigo 

Nah berikut ini adalah beberapa gejala yang umumnya dirasakan oleh seseorang yang mengalami penyebab penyakit vertigo ini yakni berupa :

  • Penderita vertigo akan merasakan sensasi gerakan seperti berputar, baik dirinya sendiri atau lingkungan
  • Penderita akan merasakan mual yang luar biasa
  • Sering muntah sebagai akibat dari rasa mual
  • Gerakan mata penderita yang abnormal
  • Tiba – tiba muncul keringat dingin
  • Telinga sering terasa berdenging
  • Mengalami kesulitan untuk bicara
  • Mengalami kesulitan berjalan karena merasakan sensasi gerakan berputar
  • Pada keadaan tertentu, penderita juga bisa mengalami ganguuan penglihatan

Pengobatan Penyakit Vertigo

Setiap penyakit yang ada di dunia ini pasti memiliki pengobatan yang dapat digunakan, meskipun tidak dapat digunakan untuk menyembuhkan setidaknya dapat dilakukan untuk mengurangi gejala yang dirasakannya. Berikut ini beberapa ramuan yang dapat anda coba dirumah untuk mengurangi gejala penyakit vertigo yang anda rasakan seperti :

Ramuan 1. Obat penyebab penyakit vertigo

Bahan-bahan yang diperlukan : bunga matahari, jahe, telur ayam, dan air putih untuk merebus.

Cara membuat ramuan ini adalah dengan mencuci bersih semua bahan yang sudah disediakan. Rebus dengan air hingga mendidih dah surut menjadi setengahnya. Angkat ramuan dan saring yang kemudian langsung dapat anda berikan pada penderita vertigo untuk penyembuhan. Minum ramuan ini sebanyak 2 kali sehari. Telur dapat anda konsumsi setelah mengkonsumsi nasi. Konsumsi ramuan ini hingga penyakit anda membaik.

Ramuan 2. Obat penyebab penyakit vertigo

Bahan-bahan yang diperlukan adalah satu genggam daun melati dan 10 buah bunga melati.

Cara membuat ramuan ini adalah bahan dicampurkan menjadi satu dan diremas-remas dengan menggunakan tangan dan kemudian rendam dengan air di dalam rantang. Air yang anda gunakan untuk merendam tersebut dapat anda gunakan untuk mengompres penderita agar vertigo yang dialaminya membaik.

Ramuan 3. Obat penyebab penyakit vertigo

Iris rimpang temulawak yang sudah anda sediakan, keringkan terlebih dahulu, dan kemudian anda dapat menumbuknya hingga halus hingga menjadi tepung.  Kurag lebih 2 genggang tepung temulawak direbus dengan menggunakan 4-5 gelas air sampai mendidih hingga air tersisa 3 gelas saja. Setelah itu saring dan berikan pada penderita untuk pengobatan penyakit vertigo yang dialami.

 Ramuan 4. Obat penyebab penyakit vertigo

Bahan-bahan yang diperlukan : ¾ cangkir air teh kental, 1 sendok makan jeruk nipis, dan 1 sendok makan madu.

Cara membuat ramuan ini adalah dengan menyatuhan semua bahan yang sudah anda sediakan kemudian aduk hingga merata. Minumkan remuan ini segaligus untuk sekali minum saja. Konsumsi ramuan ini sebanyak 3 kali dalam sehari. Keracunan kafein kronis bila meminum 5 cangkir teh setiap harinya yang setara dengan 600 mg kafein, lama kelamaan akan memperlihatkan tanda dan gejala seperti gangguan pencernaan makanan, rasa lemah, dan lain sebagainya.

Penyebab Penyakit Vertigo


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Penyakit Vertigo dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Vertigo and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>