Terapi Penderita Vertigo

Terapi Penderita Vertigo dilakukan dengan tujuan untuk membantu menyembuhkan atau menringankan vertigo dengan cara kerja membantu proses pemulihan keseimbangan dalam otak dan organ keseimbangan telinga dari penderitanya. Vertigo bukan penyakit melainkan adalah sebuah gejala dari suatu penyakit yang ada di dalam tubuh anda. Sekurang-kurangnya ada sepuluh penyakit yang disertai dengan munculnya gejala vertigo. Vertigo adalah sensasi berputar yang dirasakan pasien. Pasien merasa badannya berputar terhadap ruangan atau ruangan yang berputar terhadap badannya. Intinya ada sensasi berputar terhadap lingkungan sekitar.

Gejala dari vertigo yang dialami bisa enteng, mungkin juga berat. Ada yang menyembuh sendiri, ada pula yang perlu operasi untuk penyembuhannya. Sensasi berputar itu dikenal dengan istilah Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV). Kejadian itu melibatkan kanalis semisirkulari posterior pada bagian dalam telinga. Penyebabnya bermacam-macam. Bisa karena trauma, penyakit telinga, otitis media, vestibular neuritis, penyakit meniere dan penyakit lainnya. Namun, 39 persen dari terjadinya BPPV tersebut adalah idiopatik atau tidak diketahui penyebabnya. Berdasarkan amnesis, BPPV terjadi secara tiba-tiba terutama pada saat perubahan posisi.

Vertigo dapat membaik dalam beberapa hari hingga beberapa minggu, namun dapat juga bertahan sampai beberapa bulan. Penatalaksanaannya sendiri dapat melalui beberapa pendekatan, tergantung penyebabnya. Pendekatannya bisa berupa pemberian obat-obatan antivertigo, bisa juga dalam terapi atau latihan fisik atau bahkan pembedahan.

Penyebab Penyakit Vertigo

Vertigo biasanya disebabkan dari dangguan sistem vestibular yang umumnya disebut pula dengan benign paroxysmal positional vertigo (BPPV). Dalam kasus vertigo yang dialami, timbulnya kalsium di telinga bergerak dari pososo normal di kepala kanal semisirkulasir posterior. Penyebab lain dari penyakit vertigo ini adalah sindrom cogan di mana jaringan ikat di kornea meradang, dan penyakit Meniere yang disebabkan oleh perubahan tekanan cairan yang terdapat di telinga bagian dalam. Dalam beberapa kasus, penggunaan berlebihan obat tertentu seperti antibiotik, antineoplastics, dan antidepresan dapat menyebabkan ototoxicity atau keracunan telinga yang memicu vertigo.

Terapi Penderita Vertigo

Ada beberapa jenis latihan atau terapi fisik dalam mengatasi vertigo, hal itu tergantung pada letak atau posisi masalahnya. Secara umum vertigo itu sendiri melibatkan unsur penglihatan, vestibular atau keseimbangan dan gerakan sendi dan otot.

Pemilihan terapi fisik atau jenis latihan yang disesuaikan dengan keadaan pasien dan tergantung pada bentuk BPPV-nya, apakah kanalitiasis atau kupulolitiasis. Namun beberapa penelitian menyarankan terlebih dahulu menggunakan teknik resposisi kanalit untuk kanalitiasis atau kupulolitiasis. Namun beberapa penelitian meyarankan terlebih dahulu menggunakan teknik resposisi kanalit untuk kanalitiasis dan menuver pembebasan kupulolitiasis, kemudian dilanjutkan dengan penggunaan latihan habituasi Brandt Daroff. 

Pilihan latihan lain untuk penanganan vertigo adalah latihan yang dilakukan dibawah pengawasan dokter. Hal itu dikarenakan latihan-latihan tersebut disesuaikan dengan gangguan atau keluhan pada pasien. Antara satu pasien dengan pasien lain bisa saja memiliki gangguan yang berbeda-beda. Sehngga diperlukan ketentuan diagnosisnya. Namun ada pula latihan yang bisa dilakukan sendiri oleh penderita BPPV, yaitu latihan Brandt Daroff.

Metode latihan Brandt-Daroff yang dapat anda lakukan untuk Terapi Penderita Vertigo adalah :

  1. Pasien duduk dengan tegak di tepi tempat tidur dengan kedua tungkai kaki tergantung.
  2. Langkah yang kedua dengan kedua mata tertutup baringkan tubuh dengan cepat ke salah satu sisi, pertahankan selama 30 detik.
  3. Setelah anda melakukan langkah yang pertama dan kedua kemudian duduk kembali seperti posisi awal selama 30 detik.
  4. Baringkan tubuh anda kembali dengan cepat ke sisi yang lain, pertahankan selama 30 detik.
  5. Lalu duduk kembali.

Lakukan Terapi Penderita Vertigo ini dengan rutin untuk mengurangi gejala dari penyakit vertigo yang anda alami. Selain dengan menggunakan metode latihan diatas, ada pula terapi pengobatan lain untuk mengurangi penyakit vertigo anda dengan cara yang alami yang dapat anda lakukan dirumah. Terapi Penderita Vertigo yang dapat dilakukan untuk pengobatan secara alami yang dapat anda lakukan dirumah adalah dengan :

  1. Usahakan untuk memposisikan kepala anda lebih tinggi dari badan anda baik saat duduk maupun saat berbaring. Jangan terlalu sejajar atau bahkan lebih rendah dibandingkan dengan badan anda atau merunduk.
  2. Kurangi atau hindari mendongakkan kepala anda. Perubahan yang terjadi pada posisi kepala anda memiliki peran yang penting untuk pemicu serangan sekit kepala dahsyat dari pentakit vertigo tersebut.
  3. Angkat atau menggerakkan badan anda terutama bagian kepala anda secara perlahan. Akan jauh lebih baik lagi jika anda akan berdiri dari kasur, anda duduk terlebih dahulu, sehingga gerak badan anda tidak terlalu drastis dan tidak memicu vertigo.
  4. Jika penyakit vertigo anda sudah masuk dalam medium yang parah, maka Terapi Penderita Vertigo dapat anda mulai dengan meminimalisir kegiatan yang mengharuskan anda untuk membungkuk, misalnya dengan ketika anda mengangkat barang atau membasuh bagian kaki anda ketika sedang mandi.

Semua usaha yang anda lakukan tersebut anda lakukan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan gejala penyakit vertigo untuk lebih memudahkan kehidupan anda untuk bergerak bebas sesuai dengan kemauan anda sendiri tanpa ada ikatan penyakit vertigo tersebut. Lakukan semua gerakan tersebut untuk membuat diri anda lebih baik dari sebelumnya meskipun penyakit vertigo anda tidak dapat sembuh dengan total.

Terapi Penderita Vertigo


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Penyakit Vertigo dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Vertigo and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *