Vertigo

Vertigo berasal dari bahasa Yunani “vertere” yang artinya memutar. Vertigo adalah perasaan bergerak atau berputar sementara orang tersebut sebenarnya sedang diam.

Macam-Macam Vertigo

vertigo

vertigo

Perasaan berputar yang terjadi ada 2 macam, yaitu orang tersebut yang merasakan dirinya berputar (vertigo subjektif) atau merasa lingkungan di sekitarnya yang berputar mengelilinginya (vertigo objektif). Terkadang disertai keluhan seperti rasa mual ingin muntah. Kelainan ini terjadi karena gangguan keseimbangan baik sentral atau perifer dan juga kelainan pada telinga dapat menyebabkan vertigo. Ketika melakukan suatu pemeriksaan, dokter THT biasanya akan melakukan pemeriksaan ENG (elektronistagmografi).

Epidemiologi

Prevalensi angka kejadian vertigo perifer (BPPV) di Amerika Serikat adalah 64 dari 100.00 orang dengan kecenderungan terjadi pada wanita (64%). BPPV diperkirakan sering terjadi pada usia rata-rata 51-57,2 tahun dan jarang pada usia di bawah 35 tahun tanpa riwayat trauma kepala.

Etiologi

Pada vertigo tipe sentral, etiologi umumnya adalah gangguan vaskuler. Sedangkan, pada vertigo tipe perifer, etiologinya idiopatik. Biasanya vertigo jenis perifer berhubungan dengan manifestasi patologis di telinga.

Gejala Penyakit Vertigo

Vertigo merupakan salah satu gejala satu suatu kondisi kesehatan yang ditandai dengan adanya rasa pusing yang tidak diinginkan. Vertigo ini juga sering membuat tubuh terasa seperti tertarik dari satu sisi ke sisi lainnya dan sering juga di perparah dengan sensasi berputar.  Tergantung dari penyebab penyakit vertigo yang dialami, gejala dari penyakit ini juga biasanya melipuri mual dan gangguan keseimbangan yang disertai dengan rasa sakit kepala, peka terhadap cahay, nyeri otot, dan juga kelelahan. Beberapa kondisi yang menyebabkan penyakit ini muncul adalah seperti penyakit meniere yang biasanya diiringi dengan dering telinga, gangguan pendengaran, atau juga tekanan yang terjadi di telinga.

Secara spesifikasi gejala vertigo yang dirasakan oleh penderita antara lain :

  1. Penderita akan merasakan mual yang luar biasa.
  2. Mengalami muntah-muntah sebagai akibat dari rasa mual yang dirasakan sebelumnya.
  3. Muncul keringat dingin dengan tiba-tiba.
  4. Gerakan mata yang abnormal
  5. Penderita akan merawakan sensasi seperti berputar, baik dirinya sendiri maupun lingkungan yang berputar.

Penyebab Penyakit Vertigo

Penyebab yang paling umum dari penyakit ini adalah adanya gangguan sistem vestibular. Penyebab dari penyakit ini pada umumnya juga dapat disebabkan dari keadaan lingkungan, obat-obatan, kelainan sirkulasi, kelainan di telinga, dan kelainan lainnya yang terjadi si syaraf anda.beberapa faktor yang menyebabkan vertigo ini adalah

– seragan migrain, yang merupaka salah satu jenis penyakit yang dapat mempengaruhi pengelihatan dari penderitanya. Pada penderita penyakit vertigo ini yang disebabkan dari penyakit migrain dalam berlangsung hingga beberapa jam lamanya tergantung dari penderita.

– mabuk kendaraan, ketika anda berpergian jarak jauh yang menggunakan kendaraan baik memalui darat, laut, maupun udara sering muncul masalah mabuk. Mabuk tersebut dapat memancing datangnnya penyakit vertigo.

Dan ada juga faktor yang lainnya seperti infeksi bakteri pada alat penderngaran, dan kekurangan asupan oksigen ke otak.

Untuk mengatasi penyakit vertigo yang anda derita ini haruslah sesuai dengan factor – factor yang mendasari dari penyakit vertigo itu sendiri. Jika vertigo ini didasari oleh Benign Parpxysmal Positional Vertigo (BPPV) maka cara terbaik untuk mengobati penyakit yang dialami adalah dengan cara menggerakkan kepala guna memindahkan deposit kalsium untuk dipindahkan ke telingan dalam dari saluran semisirkularis. Terapi khusus yang dapat dilakukan untuk merehabilitasi vestibular juga disarankan.

Dengan rehabilitasi vesbular ini anda akan di ajak untuk melakukan serangkain latihan khusus yang berguna meminimalisir rasa pusing yang dirasakan oleh penderita vertigo. Salah satu penyebab dari vertigo ini adalah pada bagian telinga kita,bisa jadi gangguan pada telinga kita tersebut di sebabkan oleh bakteri,maka dari itu obat tetes untuk juga dapat dicoba. Konsumsi garam juga disarankan jika vertigo ini disebabkan oleh penyakit meniere.Langkah terakhir adalah dengan mengkonsultasikannya kepada dokter.

Jika anda tidak ingin mengalami penyakit vertigo ini lagi,anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk mencegahnya. Saat tidur,usahakan posisis kepala agak lebih tinggi. Saat anda bangun,bangunlah secara perlahan, hindari gerakan yang terlalu cepat dan duduklah terlebih dahulu. Jangan terlalu sering membungkuk saat membawa barang. Gerakkan kepala anda secara hati–hati,terutma saat anda sedang menghadap ketas. Jaga juga kesehatan telinga kita.

Pengobatan Vertigo

Vertigo dapat disembuhkan dengan menggunakan beberapa obat khusus. Obat-obatan yang dapat anda gunakan untuk mengurangi vertigo yang ringan pada diri anda adalah dimenhydrinate (Dramamine, Dramasine), Diazepam (Valisanbe), Lorazepam (Zypras), Meclizine, Scopolamine, atau dapat juga dengan menggunakan Prochlorperazine. Penggunaan dari obat ini harus dengan menggunakan resep dari dokter yang merawat penderita.

Selain dengan menggunakan obat yang sudah dijelaskan diatas, ada juga beberapa obat yang harus diberikan pada penderita penyakit vertigo yang khusus diberikan untuk menghilangkan vertigo. Obat khusus ini juga tak lepas dari resep dokter. obat khusus tersebut adalah Flunarizine (Frego, Unalium, Dizilium, Bartolium), Betahistin Mesilat (Mertigo). Obat-obat tersebut juga efektif untuk menghilangkan vertigo yang anda rasakan.

Setelah beberapa jam anda meminum obat tersebut, vertigo yang ada rasakan akan hilang dengan sendirinya. Namun, buka betarti vertigo tersebut tidak dapat kambuh kembali. Vertigo tersebut akan dapat kambuh kembali sewaktu-waktu. Untuk itu penderita vertigo lebih baik sedia obat selalu agar saat vertigo menyerang anda sudah sedia obat untuk menolongnya.

Vertigo


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Penyakit Vertigo dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Vertigo and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>